Xiaomi Robot VS Seebest D750, Mana Yang Lebih Oke?

Sudah sekitar satu setengah tahun berlalu sejak Xiaomi memperkenalkan Xiaomi Mi Robot kepada para pecinta Xiaomi. Ya, tujuan diciptakannya robot ini adalah untuk membantu keluarga, khususnya para ibu rumah tangga. Buat kalian yang jomblo juga bisa sih sebenernya, cuma ya sayang aja kalo harus buang duit buat beginian. Mending buat nraktir gebetan ye kan hahaha

Oke, back to topic. Tujuan lain dari Xiaomi adalah menghancurkan pasar iRobot atau yang kita kenal dengan Roomba.

Namun, dengan kurangnya pengalaman Xiaomi di dunia kebersihan, produk yang dihasilkan pun juga tidak bisa maksimal. Terbukti cukup banyak kelemahan yang dimiliki oleh Mi Robot. Kemarin saya sempat lihat di bl*bl*.com ada sebuah robot vacuum yang namanya cukup asing ditelinga saya. Seebest, siapa pernah mendengar nama ini? Saya jamin tidak ada. Karena tingginya rasa penasaran saya, akhirnya saya mencoba untuk menyelidiki produk ini. Dan rupanya sama seperti Xiaomi, Seebest juga berasal dari negeri panda (bener nggak sih Cina itu negeri panda?). Namun walaupun namanya asing di telinga kita para penduduk indonesia, di negeri asalnya, Seebest sudah cukup terpercaya untuk masalah kebersihan.

Biar lebih jelasnya kita bahas yuk apa perbedaan keduanya. Disini saya akan coba ambil 2 sample seperti judul diatas, yaitu Xiaomi Mi Robot dengan Seebest D750.

comparison robot

Robotic Vacuum Cleaner – Xiaomi Mi Robot VS Seebest D750

Nah kalo diliat dari spek diatas sih bisa keliatan keduanya masih punya kelebihan dan kekurangan. Nggak ada yang sempurna memang. Tapi kalo boleh dirata-rata, speknya Seebest D750 memang lebih ciamik dibandingkan dengan Xiaomi. Kenapa saya bilang lebih ciamik? Karena secara keseluruhan mewakili keperluan saya, namun dengan harga yang relatif murah.

Dan yang cukup menggiurkan adalah garansinya. Saya merupakan tipe konsumen yang mementingkan garansi karena tentunya produk ini akan saya pakai setiap hari secara maksimal. Oleh karenanya kemungkinan rusak akan lebih besar. Sebelumnya saya memiliki 1 unit xiaomi robot yang saya beli tahun lalu dengan garansi 2 mingguan dan langsung saya gunakan setiap hari. 2 minggu berlalu tanpa masalah. Namun memasuki usia 2 bulan, salah satu roda robot seperti loss. Kemungkinan ada kerusakan di gear atau dinamonya. Saya pun bertanya kepada seller apakah menjual sparepart, rupanya tidak. Wah, ini sih kacau namanya. Beli barang mahal tapi nggak ada aftersalesnya. Dan pada akhirnya xiaomi robot pun menjadi penghuni gudang rumah saya hahaha

Saya pun sempat kecewa dengan teknologi robot vacuum cleaner ini. Sampai akhirnya bulan lalu saya memberanikan diri mencoba kembali Seebest D750 dengan harga yang tidak terlalu mahal. Setelah saya tanya-tanya, rupanya seller yang menjual Seebest ini menjanjikan garansi 3 bulan plus sparepart yang lengkap. Sebulan telah berlalu dan saya cukup puas menggunakan robot ini. Tidak seberisik xiaomi robot, dan mampu melakukan sapu-pel sekaligus.

So, if you guys trying to buy this new technology, pastikan cari yang sesuai dengan keperluan dan kemampuan daya beli Anda. Brand tidak menjamin apakah akan bagus atau tidak. Yang terpenting saat kita melakukan pembelian, ada garansi serta aftersales yang jelas.

COMING UP NEXT: Pengalaman Menggunakan Seebest D750

2 thoughts on “Xiaomi Robot VS Seebest D750, Mana Yang Lebih Oke?

Leave a comment