Gachapon, Mahal Tapi Bikin Ketagihan!

Untuk anak-anak generasi 90-an pastinya sudah familiar banget dengan serial kartun animasi seperti Doraemon, Crayon Shinchan, Sailor Moon, sampai dengan Pokemon. Ya! Kartun tersebut dapat kita saksikan di layar televisi pada era itu di hari Minggu! Betapa menyenangkannya, sampai kita rajin untuk bangun pagi dan mandi demi menyaksikan acara kartun kesayangan!

Nah, untuk mengobari rasa kangen terhadap kartun-kartun tersebut, tidak sedikit dari generasi kita (kebetulan saya juga berada di generasi 90) mengkoleksi barang, mainan ataupun merchandise kartun tersebut. Mulai dari hunting secara online, ataupun mendapatkannya di beberapa gerai makanan cepat saji seperti Mc.Donalds! Namun ada salah satu cara untuk mengkoleksi mainan tersebut, salah satunya dengan cara memainkan Gachapon!

Dikutip dari CNN Indonesia, ‘Gashapon’ atau ‘gachapon’ berasal dari suara yang dibuat saat memutar engkol (‘gasha’), diikuti dengan bunyi yang dihasilkan saat kapsul muncul di kotak pengambilan (‘pon’).

Ada berbagai macam jenis karakter yang bisa didapatkan dari mesin ini. Mulai dari karakter yang sangat umum sampai dengan karakter yang tidak kita ketahui, namun tetap saja ada beberapa kolektor yang mengkoleksinya walaupun tidak tahu tentang karakter tersebut! WOW!

Di Indonesia sendiri, untuk memainkan gachapon ini bisa terbilang sedikit mahal. Mulai dari Rp18,000,-/coin, kita sudah bisa menikmati gachapon ini. Tapi, untuk 1x putaran gacha ini, kita membutuhkan sekitar 2-5 coin untuk sekali putar. Jumlah koin sendiri tergantung dari karakter yang akan didapatkan. Biasanya jika karakternya cukup populer, maka akan dipatok seharga 4-5 coin sekali putar.

Dalam bermain gacha, prinsipnya adalah ‘keberuntungan’. Hampir sama seperti ‘judi online‘ yang sangat mengandalkan keberuntungan. Pasalnya, jika kamu tidak beruntung, maka kamu bisa mendapatkan karakter yang sama setiap putarannya. Mimin sendiri pernah mengalami karakter yang sama keluar 3x beruntun huhuhu…

Ada yang punya nasib serupa seperti admin? Tulis di kolom komentar ya!

Leave a comment